Malaysia Halalkan Segala Cara Demi Juara SEA GAMES 2017

SEA Games 2017 dipastikan akan diselenggarakan di Malaysia. Disebutkan bahwa pihak tuan rumah menghalalkan segala cara hanya untuk menjadi juara di ajang tersebut khusus untuk cabang olahraga Sepak Bola. Ungkapan ini disampaikan langsung oleh Le Thuy Hai yang merupakan legenda sepak bola Vietnam. Ungkapan ini disampaikan olehnya terkait keputusan pihak Malaysia yang menyelenggarakan kebijakan pengundian grup yang ditengarai memang menguntungkan pihak tuan rumah.

“Malaysia jelas tidak bersembunyi, sangat ingin mereka memenangkan medali emas (cabang sepakbola putra) untuk SEA Games ke-29 ini. Dengan cara apapun, penyelenggara akan berusaha agar Malaysia U-22 juara,” tukas Le Thuy Hai beberapa waktu lalu.

“Termasuk dengan membuat peraturan yang aneh, dimulai dengan pengundian babak grup ini yang mungkin baru langkah awal. Mari kita lihat bagaimana wasit bekerja nanti, lapangan, penjadwalan hingga fasilitas latihan,” lanjutnya.

“Mengingat ini adalah turnamen regional, mereka tuan rumah yang bisa membuat segala kesulitan dan kita harus bisa menerimanya,” imbuh mantan pemain andalan tim nasional Vietnam ini.

Mungkin banyak yang penasaran dengan kebijakan pengundian grup yang dimaksudkan tersebut, dan berikut mekanisme yang diterapkan pihak Malaysia untuk hal tersebut.

Pertama, sebagai tuan rumah penyelenggaraan SEA Games 2017, pihak tuan rumah berhak untuk menentukan Timnas mereka untuk masuk ke grup mana saja, setalah melalui proses ketiga pengundian.

Kedua, Terkecuali tim unggulan yakni Thailand dan Myanmar serta Malaysia yang bertindak tuan rumah, seluruh peserta harus menjalani prosedur pembagian grup. Kemudian setelah proses pengundian selesai, maka Malaysia pun bebas menentukan mereka mau berada di posisi A5 atau B5.

Ketiga, Setelah Malaysia menentukan grup dimana mereka akan berkompetisi, dua tim lainnya harus ditempatkan di grup yang berbeda dari grup yang telah ditempati oleh Malaysia. Jika memang Malaysia nantinya memilih posisi di A5, maka Thailand dan Myanmar harus menempati posisi B5 atau B6. Namun jika Malaysia memilih B5, maka Thailand dan Myanmar harus berada di posis A5 atau A6.

Leave a Comment