3 Hal Penting yang Diperhatikan untuk Membuka Service Honda

Membuka bengkel yang menyediakan jasa service motor Honda terdengar amat mudah. Jika Anda tidak memahaminya dan melakukannya dengan terencana tentu usaha tidak akan berjalan dengan baik. Berikut ini 3 hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum membukanya.

  • Penentuan Lokasi

Langkah paling utama yang menjadi perhatian Anda adalah lokasi dari bengkel Honda yang akan Anda buka. Lokasi akan menentukan bengkel Anda nantinya akan berjalan lancar atau pun tidak. Anda harus memilih lokasi yang mudah dijangkau masyarakat.

Setelah mendapatkan lokasi Anda lanjut untuk memperhatikan di lokasi tersebut seberapa besar calon konsumen yang akan Anda dapatkan. Anda dapat menganalisa ini dengan mengetahui apa kah ada bengkel Honda terdekat di daerah tersebut yang tentunya akan menjadi kompetitor Anda nantinya. Perhatikan juga apakah ada bengkel motor umum di daerah tersebut atau tidak

  • Persiapkan Teknisi dan Manajemen

Setelah mendapatkan lokasi yang perlu Anda perhatikan adalah persiapan teknisi dan juga manajemen bengkel nantinya. Anda harus memikirkan dengan baik untuk pencarian teknisi untuk dapat menjalankan jasa service di bengkel Anda nantinya.

Jika Anda membuka bengkel resmi, Anda bisa bekerja sama dengan menjadi bagian dari bengkel ahas  sekaligus menjadi mitra dalam pencarian teknisi. Anda juga harus mempersiapkan manajemen bengkel seperti administrasinya, curtomer sevice Honda yang akan menanyakan kebutuhan dan keperluan konsumen, dan juga bagian keuangan.

Manajemen yang terstruktur jelas akan membuat pemasukan dan pengeluaran Anda tercatat dengan rinci tanpa ada kekeliruan. Jika pun terjadi, kejadiannya dapat diminimalisir. Anda tentu memerlukan pihak ketiga untuk pelaksanaan rekrutmen agar mendapatkan tenaga SDM yang berkualitas untuk membuka bengkel resmi Honda.

  • Perlengkapan Peralatan Kerja.

Perlengkapan peralatan yang tentu menarik perhatian Anda lebih besar. Tidak hanya dari memulai usaha bengkel tetapi juga perlu Anda perhatikan selama bengkel berjalan. Anda harus menyiapkan berbagai perlengkapan standar atau umum hingga perlengkapan khusus.

Perlengkapan ini akan terus dibutuhkan selama bengkel Anda berjalan yang tentu memerlukan perawatan dan juga penggantian nantinya. Selain perlengkapan di bagian teknisi, Anda juga menyediakan perlengkapan kerja di area manajemen. Seperti kursi, meja, komputer, lemari penyimpanan barang-barang, dan ruangan tunggu untuk konsumen.

Kenyamanan konsumen saat datang ke bengkel Anda menjadi perhatian yang sangat besar. Selain pelayanan yang ramah tentu juga fasilitas yang nyaman akan membuat konsumen Anda betah dan terus berdatangan konsumen baru. Anda juga harus cermat dan mengontrol tenaga teknisi Anda dalam bekerja agar hasil service yang diberikan kualitasnya tidak diragukan.

Bagian ini merupakan bagian yang sangat penting Anda perhatikan sebelum membuka bengkel. Anda akan sangat dipertanyakan kesanggupannya pada point ke tiga ini. Kegagalan Anda dalam manajemen di point ketiga ini akan membuat kerugian yang sangat besar.

Mulailah usaha bengkel Anda dengan terlebih dahulu mematikan tidak adanya bengkel motor Honda terdekat. Pastikan barang-barang yang masuk ke bengkel Anda dalam keadaan bersegel sebagai tanda bahwa barang masih dalam kondisi terjaga dan baik. Lakukan evaluasi setiap bulan atau minimal 3 kali sebulan agar konsumen Anda terus bertahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.